Rabu, 08 Desember 2010

Melindungi Komputer Tanpa Antivirus



Pasti anda sudah muak sama yang namanya virus. (waduh, denger namanya aja udah ogah). Segala cara di lakukan orang-orang agar terhindar dari mahluk macam ne, mulai dari mencari anti virus yang paling handal dan paling dapat dipercaya terus selalu update antivirus itu. Emang sih, dengan cara ini sudah cukup efektif untuk mengamankan komputer atau laptop anda, tapi sering kali karena mungkin terlalu baiknya antivirus itu, justru membebani kerja komputer anda. Okelah yang komputernya mempunyai spek yang bagus sich gak apa-apa. Kalau kayak punya aq ne misalnya, beuh...pasti lemotnya setengah mati...
Pas jalan-jalan, eh nemu ne artikel...jadi pingin share aja sama temen-temen. Begini ni salah satu cara buat ngatasi virus tapi tanpa anti virus, ne saya juga baru nyobak lho...jadi belum tahu apakah bener-bener efektif ato kagak, tapi gak apa-apa lah, sekedar sharing doank...
Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Langkah pertama matikan sistem autorunplay, caranya :
  • Silahkan masuk ke run dan ketik “gpedit.msc” (tanpa tanda petik).
  • Pilih menu Computer Comfiguration - Administrative templates – system.
  • Kemudian cari ‘Turn Off Autoplay’ dan doble click, terdapat 3 pilihan yaitu not configure, disable dan enable (default berada pada not configure), silahkan pilih enable dan pada tulisan “turn off autoplay on” pilih “all drive”, sehingga hasilnya terlihat seperti tampilan dibawah ini :


  • Selanjutnya lakukan hal yang sama pada menu “user Configuration“, seperti langkah langkah diatas.

2. Tampilkan seluruh file yang hidden.

Pada umumnya virus berattribut hidden sehingga keberadaanya tidak disadari oleh para pemakai computer, untuk mengatasi hal demikian kita dapat melakukan hal berikut sehingga semua file yang berattribut hidden dapat tampil di computer kita.

Adapun langkah langkahnya adalah :

- Masuk ke control panel, double klik pada file “Folder Option”, kemudian pilih tab “view”.Lakukan konfigurasi sehingga menjadi seperti tampilan dibawah ini :


3. Usahakan tidak double klik saat membuka drive pada computer ataupun saat membuka flashdisk, sebaiknya dengan cara klik kanan lalu pilih open /Explore (Curigai drive anda apabila saat klik kanan terdapat pilihan autoplay, kecuali saat membuka file dari drive CD room anda).

4. Biasakan saat melihat isi file dalam folder / drive dalam tampilan detail (klik kanan, kemudian pilih view – detail). Curigai apabila terdapat file yang iconnya gambar ataupun iconnya file Ms. Word namun file typenya adalah “application”.

5. Apabila computer terkoneksi ke internet, berhati hatilah terhadap spam yang dikirimkan via email.

Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman sekalian. amin...

1 komentar: